Friday 12 October 2018

HASIL PENGAMATAN TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER

  4.1. MENYAJIKAN DATA HASIL PENGAMATAN TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER

v  Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat berdampak besar pengaruhnya terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran adalah pada inovasi pengembangan media pembelajaran yang lebih menarik dan komunikatif.
v  Teknologi Informasi sangat membantu guru dalam proses pembelajaran, karena teknologi informasi tersebut sangat memudahkan guru dalam mengolah nilai ataupun dalam bidang belajar mengajar.
v  Proses pembelajaran merupakan suatu komunikasi yang terjadi di dalam kelas antara guru dan siswa. Dalam hal ini guru berfungsi sebagai sumber pesan yang menyampaikan pesan berupa materi pelajaran yang akan diterima oleh siswa sebagai penerimanya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Agar tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan tersebut dapat tercapai, maka guru harus dapat menyiasati supaya semua komponen dalam sistem pembelajaran tujuan pembelajaran, materi, metode pembelajaran. siswa, guru, media / sumber pembelajaran, evaluasi dan lingkungan belajar dapat berperan secara maksimal, sehingga terjadi komunikasi antara guru dan siswa dan guru bisa mempengaruhi siswa sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran.
v  Diantara komponen pembelajaran diatas terdapat media / sumber belajar. Media sebagai salah satu sumber belajar mempunyai peran yang sangat penting tidak hanya sekedar sebagai alat bantu mengajar, tetapi sebagai satu kesatuan bagian yang tidak terpisahkan (integral) dalam proses pembelajaran, karena pembelajaran merupakan proses komunikasi yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran / media tertentu ke penerima pesan. Ada beberapa faktor yang menjadi penghambat atau penghalang proses komunikasi diantaranya hambatan psikologis, seperti keterbatasan daya indera karena tidak semua benda dan peristiwa bisa dilihat dengan menggunakan mata telanjang dan peranan media pembelajaran ini sangat diperlukan untuk mengatasi keterbatasan daya indera.
v  Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat juga mempengaruhi perkembangan media pembelajaran yang lebih menarik. Penggabungan beberapa jenis media seperti media grafis, media audio dan media video membuat media pembelajaran lebih menarik dan komunikatif, sehingga dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa karena siswa dengan mudah dapat menyerap materi yang diajarkan. Serta adanya jaringan internet guru dan siswa dapat memperoleh informasi dengan cepat serta dapat berbagi informasi menggunakan media sosial.
v  Perkembangan teknologi infomasi dan komunikasi sangat berperan dalam proses pembelajaran dengan hadirnya media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Dengan adanya media pembelajaran yang interaktif dan menarik dapat membantu guru dalam menyampaikan pesan yang berupa materi pelajaran dengan baik dan jelas sehingga siswa mudah menerima apa yang disampaikan oleh guru, dan dapat membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran, dengan demikian dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu fungsi dari media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
v  Dengan adanya komputer kita dapat mengembangkan sebuah media pembelajaran yang menarik, yaitu dengan menggabungkan gambar, video, audio dan animasi menjadi satu media multibahasa atau multimedia yang bisa mencakup indera pendengaran dan penglihatan sehingga daya imajinasi, kreativitas, fantasi dan emosi peserta didik berkembang ke arah yang lebih baik. Jadi multimedia pembelajaran adalah media yang mampu melibatkan banyak indera dan organ tubuh selama proses pembelajaran berlangsung (Yudhi Munadi, 2010 : 148).
 Beberapa bentuk penggunaan multimedia berbasis komputer yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran meliputi :
  1)    Multimedia presentasi
Hasil gambar untuk multimedia presentasi
Multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis digunakan dalam pembelajaran klasikal, baik untuk kelompok kecil atau besar dengan menggunakan multimedia proyektor yang memiliki jangkauan pancar cukup besar. Kelebihan media ini dapat menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, gambar dan suara menjadi satu penyajian.
22)    Pembelajaran Berbasis Komputer (CD Multimedia Interaktif)
Hasil gambar untuk pembelajaran berbasis komputer
Pembelajaran Berbasis Komputer, pada umumnya bertipe tutorial yang bertujuan membimbing siswa secara tuntas menguasai materi dengan cepat dan menarik. Kelebihan lain dari CD interaktif ini adalah siswa dapat belajar secara mandiri tidak tergantung kepada guru. Selain itu materi yang diajarkan dalam CD dapat langsung dipraktekkan oleh siswa. Terkait dengan peningkatan mutu pembelajaran, komputer dimanfaatkan dalam dua macam penerapan, yaitu dalam bentuk pembelajaran dengan bantuan komputer (Computer Assisted Instruction / CAI) dan pembelajaran berbasis komputer (Computer Based Instruction / CBI).
Kontrol pembelajaran dalam pembelajaran berbasis komputer ini sepenuhnya ada di tangan siswa, karena pembelajaran berbasis komputer menerapkan pola pembelajaran bermedia, yaitu secara utuh sejak awal hingga akhir menggunakan piranti sistem komputer (CD interaktif).


  3)    Video Pembelajaran
Hasil gambar untuk video pembelajaran
Media video pembelajaran dapat digolongkan ke dalam jenis media audio visual aids(AVA), yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang bisa dilihat. Video ini bersifat interaktif – tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Video bersifat interaktif tutorial membimbing peserta didik untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Media jenis ini juga dapat digunakan untuk menyajikan bagian bagian dari suatu proses dan prosedur secara utuh. Sehingga diharapkan siswa dapat memperoleh persepsi dan pemahaman yang sama dan benar, selain siswa dapat menerima materi pelajaran. Sedangkan guru diharapkan dapat mengikat siswa selama pembelajaran berlangsung dan membantu siswa mengingat kembali pengetahuan yang sudah dipelajarinya.

  4)    E – Learning
Hasil gambar untuk e learning
Seiring perkembangan teknologi dibidang komunikasi dan informasi , peranan guru sebagai sumber belajar sedikit tergeser. Guru lebih banyak memosisikan dirinya sebagai fasilitator. Yang bertugas memfasilitasi siswa agar dapat belajar setiap saat melalui berbagai macam sumber belajar yang sudah tersedia dimana mana. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi proses pembelajaran tersebut dimungkinkan terjadi dengan menyediakan sarana pembelajaran online melalui internet. Konsep pembelajaran tersebut lebih dikenal dengan sebutan e-learning, di dalam e-learning tidak saja materi ajar yang diajarkan secara online, tetapi juga ditandai dengan adanya suatu sistem untuk mengatur dan memonitor interaksi antara guru dan siswa.

No comments:

Post a Comment