Friday 12 October 2018

MELAKUKAN PERAWATAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER

CARA MELAKUKAN PERAWATAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Dalam melakukan perawatan perangkat keras komputer baik perawatan aktif maupun perawatan pasif ada beberapa  cara lagi, namun kali ini saya hanya akan membaginya menjadi 2 cara yaitu perawtan hardware dan perawatan software
  1. Perawatan hardware
Perawatan hardware adalah perawatan yang dilakukan kepada hardware/ perangkat keras komputer itu sendiri. Itinya perawatan secara  hardware adalah perawatan ke bendanya. Misal kita melakukan perawatan hardware sebuah hardisk, caranya kita membersihkan hardisk dari debu-debu yang menempel pada celah-celah konektor. Contoh lagi ketika perawatan hardware pada monitor maka kita membersihkan layar dari debu dan kotoran yang menempel di layar monitor.
  1. Perawatan software
Perawatan software adalah perawatan yang dilakukan dengan bantuan software aplikasi, intinya perawtan software tidak bisa dilakukan oleh kita tetapi komputer sendiri yang akan melakukanya. Contoh gampangnya ketika kita merawat hardisk secara software adalah dengan melakukan scandisk, disk cleanup, dik defragmenter,  itu semua adalah perawatan secara software, yang tidak bisa kita lakukan, kecuali oleh komputer itu sendiri.
Cukup hanya sedikit yang bisa saya tuliskan semoga bermanfaat, untuk penutupnya saya akan sedikit menyampaikan rangkuman dari apa yang sudah say bahas di atas.
Perawatan adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk mencegah atau mengatasi suatu masalah yang muncull. Dan dalam prakteknya perawatan di bagi menjadi dua yaitu perawatan aktif dan perawatan pasif. Namun dalam caranya dibagi menjadi perawatan secara software dan perawatan secara hardware.

No comments:

Post a Comment